fbpx
5 Cara Mengeluarkan Dahak Tanpa Obat, Mudah Banget

5 Cara Mengeluarkan Dahak Tanpa Obat, Mudah Banget

Anda pasti mengalami kesulitan bernapas atau merasa tidak nyaman pada dada. Itu mungkin disebabkan oleh dahak.

Dahak merupakan salah satu tanda adanya peradangan pada saluran pernapasan. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh penyakit lain yang menyebabkan jalan napas tersumbat, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dahak biasanya lengket dan sulit dikeluarkan karena berperan sebagai garis pertahanan pertama di saluran pernapasan, mencegah ‘benda asing’ seperti alergen, bakteri, debu, dan virus masuk langsung ke saluran pernapasan.

Nah, jika dahak di saluran pernapasan sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya cobalah untuk mengeluarkannya. Berikut cara mudah menghilangkan dahak di dada yang bisa anda lakukan di rumah:

1. Minum minuman hangat

Tingkatkan asupan air hangat saat ingin mengeluarkan dahak. Minuman hangat seperti air putih hangat, sup kaldu tulang dan teh dapat membantu mengencerkan dahak dan memberikan sensasi menenangkan.

Selain itu, berkumur beberapa kali dengan air garam hangat juga dapat membantu melarutkan dahak yang menumpuk di sekitar tenggorokan.

Baca Juga :  Cegah Gula Darah Tinggi, 5 Hal Ini Harus Dilakukan

2. Madu

Tidak hanya rasanya yang enak, ternyata madu juga bisa digunakan untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan. Fakta membuktikan bahwa jika rutin mengonsumsi madu, maka dapat secara efektif mengobati gejala batuk dan sakit tenggorokan. Madu pun mempercepat penyembuhan radang dan menghilangkan dahak.

Jika dahak benar-benar mengganggu, anda bisa mencoba menambahkan madu ke dalam teh hangat. Tambahkan perasan lemon untuk mendapatkan  rasa yang lebih segar.

3. Minyak esensial

Sejumlah jenis minyak esensial juga dapat membantu meredakan dahak di dada. Misalnya, minyak peppermint dan minyak kayu putih yang dapat dijadikan dekongestan alami. Cara pemakaiannya bisa ditaruh di diffuser atau air panas.

Selain itu, bisa juga langsung dioleskan setelah dicampur dengan carrier oil. Namun, pastikan tidak ada reaksi alergi yang menyertainya. Jangan lupa untuk mengoleskan minyak esensial ke kulit yang sakit, meradang atau teriritasi. Dan, jauhkan minyak esensial dari mata ya!

4. Air garam

Anda juga bisa berkumur dengan air garam untuk membantu mengeluarkan dahak. Selain itu, air garam juga bisa membunuh bakteri di tenggorokan lho.

Caranya, cukup campurkan setengah cangkir air hangat dengan tiga perempat sendok teh garam. Kemudian berkumur selama 30-60 detik sambil mengangkat kepala agar air garam dapat mencapai tenggorokan anda.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Asma yang Dipicu Stres, Lakukan Ini!

5. Uap hangat

Menghirup uap hangat juga termasuk cara alami untuk mengeluarkan dahak dan menenangkan pernapasan. Caranya sangat sederhana, siapkan panci berisi air hangat, lalu hirup uapnya perlahan. Ketahuilah, menghirup uap hangat terbukti efektif untuk mengeluarkan dahak di dalam dada.