fbpx
8 Cara Mengatasi Ketiak Hitam, Bisa Pakai Bahan Alami

8 Cara Mengatasi Ketiak Hitam, Bisa Pakai Bahan Alami

Bagi sebagian orang, ketiak berwarna hitam bisa menjadi hal yang memalukan, terlebih saat melakukan aktivitas tertentu, seperti berolahraga atau mengenakan baju tanpa lengan. Perubahan warna ketiak bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya, iritasi kimia, dicukur dan penumpukan sel kulit mati.

Tak hanya itu, gesekan pakaian yang ketat dan hiper-pigmentasi akibat merokok juga dapat menyebabkan penggelapan kulit ketiak. Terkadang, kulit ketiak yang menghitam juga merupakan tanda kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, obesitas atau kadar hormon yang tidak normal.

Bagaimana cara mengatasi ketiak menghitam yang paling efektif?

1. Ganti deodoran/antiperspiran

Beberapa orang beralih ke alternatif yang lebih alami, seperti soda atau cuka apel. Beberapa lainnya berhenti menggunakan deodoran sama sekali.

2. Berhenti mencukur

Beberapa orang memilih untuk menggunakan waxing atau mencabut rambut dengan bantuan laser.

Baca Juga :  Cara Rawat Kulit Secara Alami, Konsumsi 6 Makanan Ini

3. Eksfoliasi

Beberapa orang menggunakan body scrub atau facial exfoliator dua hingga tiga kali seminggu. Selain itu, mengenakan pakaian longgar dan berhenti merokok juga dapat membantu mencerahkan ketiak secara alami.

Selain cara di atas, di bawah ini KulikMedia bagikan sejumlah cara alami mengatasi ketiak menghitam yang bisa anda coba. Berikut di antaranya:

Cara Alami Mengatasi Ketiak Menghitam

1. Mentimun

Salah satu cara alami menghilangkan ketiak hitam secara alami adalah dengan mentimun. Anda dapat mengiris mentimun tebal-tebal dan menggosokkan irisan itu di bawah ketiak yang gelap. Diamkan selama 10 menit, setelah itu bilas area kulit ketiak dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk bersih.

2. Lemon

Lemon merupakan whitening agent alami yang dapat memutihkan kulit ketiak. Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan ketiak menghitam cukup dengan mengoleskannya pada area kulit ketiak. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas area kulit ketiak dan keringkan.

3. Oleskan perasan kentang parut

Seperti lemon, kentang juga merupakan bahan pemutih alami. Cara menggunakan kentang untuk mengatasi ketiak menghitam yakni dengan menggosokan potongan kentang ke area ketiak, atau menghaluskan kentang terlebih dahulu, baru kemudian dioleskan pada kulit ketiak.

Baca Juga :  Trik Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat, Yuk Dicoba!

4. Pijat kulit dengan minyak kelapa

Diketahui salah satu manfaat minyak kelapa adalah untuk mengatasi ketiak yang menghitam. Anda hanya perlu memijat kulit ketiak dengan beberapa tetes minyak kelapa. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas kulit dengan air hangat dan sabun hingga bersih.

5. Kunyit

Kunyit juga sangat efektif mengatasi ketiak menghitam. Caraya, dalam mangkuk kecil, campurkan 2 sendok makan jus lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan secara merata pada ketiak dan bersihkan setelah 30 menit.