fbpx
7 Cara Paling Efektif Berhenti Merokok Meski Kecanduan

7 Cara Paling Efektif Berhenti Merokok Meski Kecanduan

Merokok dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit dalam tubuh. Namun, orang yang sudah terbiasa merokok umumnya merasa sulit untuk berhenti karena sudah kecanduan.

Perlu anda ketahui, rokok mengandung sekitar 4.000 senyawa, lebih dari 400 di antaranya adalah zat beracun. Salah satunya adalah nikotin, yang menyebabkan kecanduan.

Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi, kanker paru-paru, penyakit janin dan impotensi. Risiko penyakit ini tidak hanya menghantui perokok aktif tetapi juga perokok pasif.

Nah, di dalam artikel ini, KulikMedia bagikan cara paling efektif berhenti merokok meski sudah kecanduan berat. Simak dengan saksama ya!

1. Berpikir positif

Ketika anda mengalami kesulitan mencoba untuk berhenti merokok dan memang ingin berhenti, pikirkan motivasi pribadi yang membuat ingin berhenti. Anda juga dapat mengingat seberapa jauh anda sudah berusaha. Hal ini akan membuat anda semakin bersemangat untuk melanjutkan perjuangan untuk berhenti merokok secara total.

Baca Juga :  6 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

2. Berolahraga secara rutin

Olahraga tidak hanya membuat tubuh lebih sehat dan bugar, tetapi juga mengurangi kecanduan nikotin. Saat keinginan untuk merokok datang, anda bisa mengalihkan keinginan tersebut dengan melakukan olahraga, seperti jalan kaki, berenang atau bersepeda.

3. Libatkan keluarga dan teman terdekat

Beri tahu keluarga dan teman dekat bahwa anda ingin berhenti merokok. Dengan begitu, mereka dapat memberikan bantuan dan dukungan agar anda selalu mengingat tujuan berhenti merokok yang ingin anda capai.

4. Relaksasi

Salah satu alasan seseorang merokok adalah untuk menenangkan diri dan menghindari stres. Sebagai gantinya, anda bisa mencoba teknik relaksasi, seperti yoga, latihan pernapasan, pijat atau mendengarkan lagu yang menenangkan.

5. Buat rencana berhenti merokok

Ada dua cara untuk berhenti merokok, yaitu berhenti merokok seketika itu atau mengurangi secara bertahap. Cara pertama, yaitu berhenti merokok seketika itu. Bagi kebanyakan orang, cara ini sulit, tetapi ini adalah cara yang paling efektif dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Baca Juga :  6 Cara Cepat Mengatasi Cegukan, Terbukti Ampuh

Cara kedua adalah mengurangi secara bertahap. Cara ini cukup mudah dilakukan, tetapi tingkat keberhasilannya rendah. Cara ini mengharuskan anda untuk secara bertahap mengurangi konsumsi rokok. Misalnya, anda merokok hingga 10 batang sehari. Kurangilah menjadi 8 batang keesokan harinya. Hingga tercapai 0 batang.

6. Ketahui kapan dan seberapa sering anda merokok

Dalam hal ini, anda harus mengidentifikasi kapan anda paling sering merokok. Oleh karena itu, anda bisa mengubah kebiasaan merokok yang biasa anda lakukan pada waktu itu dan menggantinya dengan hal-hal positif lainnya, seperti mengunyah permen karet atau melakukan aktivitas lainnya.

7. Konsultasi ke dokter

Jika anda masih merasa sulit untuk berhenti merokok, konsultasikan dengan dokter. Hal ini penting dilakukan untuk membantu anda berhenti merokok secara perlahan dan lebih memahami serta menyadari bahaya merokok dalam jangka panjang.