fbpx
5 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat Sebelum Tidur

5 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda sebelum tidur di malam hari. Beberapa orang terbiasa minum susu hangat sebelum tidur, sementara yang lain memilih mendengarkan musik untuk tidur malam yang nyenyak.

Ketahuilah, minum air hangat sebelum tidur sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan minum air hangat sebelum tidur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Selama beraktivitas dan tidur, tubuh kehilangan air melalui sistem pernapasan, keringat, urin dan feses. Inilah sebabnya mengapa kita perlu minum air yang cukup dari bangun di pagi hari hingga sebelum tidur di malam hari.

Di bawah ini, KulikMedia bagikan berbagai manfaat minum air hangat sebelum tidur. Simak dengan saksama ya!

1. Menghilangkan racun

Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan menghasilkan keringat, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan membuang racun dari tubuh.

2. Membantu tertidur lebih cepat

Jika anda sering mengalami susah tidur atau bahkan insomnia, minum segelas air hangat sebelum tidur adalah solusi yang baik. Minum segelas air hangat memiliki efek menenangkan pada tubuh. Jadi, jangan heran jika minum air hangat sebelum tidur membuat anda tidur lebih cepat.

Baca Juga :  Ini Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya

3. Meredakan flu dan batuk

Saat sakit, tubuh biasanya menjadi tidak nyaman dan bahkan mungkin sulit untuk tertidur. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah minum segelas air hangat sebelum tidur di malam hari untuk membantu melegakan hidung dan tenggorokan. Pastikan juga posisi tidur anda nyaman dan posisi kepala lebih tinggi.

Namun, jika gejala flu dan batuk tidak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Meluruhkan lemak

Air hangat dapat meluruhkan timbunan lemak dalam tubuh, sehingga dapat menstabilkan dan menurunkan berat badan.

Untuk memaksimalkan manfaat tersebut, anda bisa menambahkan beberapa tetes sari lemon ke dalam segelas air hangat. Senyawa dalam lemon juga membantu meluruhkan lemak dan mengontrol nafsu makan.

5. Mencegah kram perut

Air hangat dapat mengeluarkan racun yang menumpuk di dalam tubuh akibat pengonsumsian makanan dan minuman.

Ketika racun dapat dikeluarkan, saluran pencernaan akan dapat bekerja dengan cara terbaik. Hal ini dapat menghindarkan anda dari sakit perut atau kram perut di tengah malam.

Baca Juga :  Ketahui 6 Cara Efektif Mengatasi Sakit Pinggang